Welcome

Terima Kasih Telah Mengunjungi Kami. Ini adalah layanan baru UPK kecamatan Gajah untuk menyajikan berbagai informasi seputar kegiatan unit pengelola kegiatan (upk) kec. Gajah kab. Demak provinsi Jawa Tengah dalam pendekatan maya. Sajian ini masih jauh dari kesempurnaan, baik bentuk tampilan, desain, maupun pernak-pernik layaknya blog keren berkelas. Untuk itu, saran dan bimbingan senantiasa kami harapkan guna penyempurnaan blog. Informasi/layanan: kantor UPK Kecamatan Gajah, Jl. Raya Gajah No. 45 Demak 59581, telephone: 0291-4284122

Headline News!

Loading...

UPK Gajah Terbaik 2008, terima Reward 100 juta


DEMAK-Pemkab Demak memberikan reward kepada tiga Unit Pengelola Kegiatan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (UPK PNPM) Mandiri Perdesaan berprestasi. Reward itu berupa modal kerja sebesar Rp 100 juta, masing-masing diberikan kepada UPK PNPM MD Kecamatan Gajah, Dempet dan Wonosalam.

Bantuan yang diserahkan Sekda Demak Purwono Sasmito, kemarin di Aula Kecamatan Gajah disaksikan Kepala Bapermas KB Bambang Susetiyarto, camat se-Kabupaten Demak, fasilitator kabupaten dan kecamatan, serta para tim UPK.

Menurut Kepala Bapermas KB, Bambang Susetiyarto, UPK PNPM Mandiri Perdesaan dianggap berprestasi jika kegiatan fisiknya tidak mengalami kemacetan di atas 5 persen. Kondisi yang demikian mampu diwujudkan Kecamatan Gajah, Wonosalam dan Dempet. “Tahun ini UPK Gajah paling berprestasi dengan tingkat kemacetan yang hanya sebesar 3,2 persen,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Bambang menjelaskan, dana PNMP Mandiri Perdesaan bisa digunakan untuk kegiatan fisik dan non fisik. Kegiatan fisik yang dilakukan meliputi pembangunan sarana prasarana irigasi, pendidikan dan kesehatan. Sedangkan kegiatan non fisik berupa pemberian dana bergulir yang dilaksanakan dalam bentuk Simpan Pinjam Perempuan (SPP) dan Usaha Ekonomi Produktif (UEP).

“Pada 2009 ini, Pemkab Demak juga mengalokasikan bantuan modal sebesar Rp 50 juta bagi UPK Kecamatan Bonang dan Wedung. Karena tingkat kemacetan kegiatan non fisiknya di bawah 10 persen,” katanya.

Sekda Demak Purwono Sasmito mengatakan bahwa pelaksanaan PNPM Mandiri Perdesaan secara baik berpotensi meningkatkan perekonomian masyarakat. Karenanya, pemkab memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan program tersebut. Salah satunya dengan memberikan modal kerja yang diharapkan mampu memotivasi UPK lain. “UPK yang selama ini kurang maksimal dalam mengelola kegiatan non fisiknya, diharapkan tertantang untuk lebih maju,” ungkap Purwono.

Camat Gajah, Supriyatiningsih mengakui PNPM Mandiri Perdesaan mampu memberi hasil nyata bagi masyarakat di wilayahnya. Pembangunan sarana prasarana jalan di Gajah pun semakin marak. Sementara kegiatan non fisik berupa pengelolaan dana bergulir terbukti bermanfaat bagi masyarakat untuk membuka usaha.

Disaat yang sama UPK Kecamatan Gajah juga memberikan Dana Sosial bagi Anak Yatim/piatu dan Orang Tua Jompo tidak mampu di 18 desa kec. Gajah sebanyak Rp. 27.700.000,-. Penyerahan secara simbolis diberikan oleh Sekda Demak Purwono Sasmito.